Monyet Pintar yang Dapat Membantu Penyandang Cacat

Monyet Pintar yang Dapat Membantu Penyandang Cacat

Ternyata, bukan hanya anjing saja yang dapat menolong para penyandang cacat seperti yang dilakukan oleh Service Dogs di Amerika. Seekor monyet juga dapat menjadi penolong bagi kaum penyandang disabilitas ini. Monyet penolong ini adalah monyet yang dilatih oleh salah satu organisasi di Boston, Amerika Serikat, yang menamai dirinya Helping Hands. Jenis monyet yang terpilih untuk membantu para penyandang cacat adalah monyet Capuchin. Program pelatihan atau sekolah monyet ini adalah program pertama yang ada di dunia.

Moyet Capuchin yang sudah dilatih, sangat pintar dalam membantu manusia, khususnya para penyandang cacat. Para penyandang cacat yang sering bermain di http://bengkelbola.org merasa dimudahkan dengan adanya kehadiran moyet satu ini, karena monyet ini dapat membantu memutarkan cakram musik, membuka halaman buku lembar demi lembar, membuka botol minuman, mengantarkan barang dan hal-hal lainnya yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menolong para penyandang cacat, moyet Capuchin ini juga bisa dijadikan sahabat dan membawa kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya, layaknya anjing dan kucing.

Terdapat kesaksian seorang warga Amerika yang telah mengalami kecelakaan mobil dan sekarang ia hanya dapat menggerakan dua jari saja dalam hidupnya. Ia merasa terbantu dalam menjalani kehidupan sehari-hari, berkat adanya monyet Capuchin. Monyet Capuchin miliknya terbiasa membantunya dalam membawakan telpon genggam bila ada telepon yang masuk dan bahkan monyet ini bisa menyalakan AC ketika cuaca sedang panas. Sebagai imbalan, monyet Capuchin ini sering dihadiahi kenari oleh pemiliknya. Selain membantu, ternyata monyet Capuchin ini juga dapat membantu perkembangan gerak dari sang pemilik. Berkat monyet Capuchin, warga Amerika yang sempat menunda gelar sarjananya ini, kini mulai bangkit lagi dan meneruskan belajar untuk mendapatkan gelar tersebut.

Agar dapat membantu manusia, khususnya para penyandang cacat, moyet Capuchin ini mendapatkan pelatihan yang keras di sekolah monyet. Waktu yang dibutuhkan Helping Hands untuk melatih monyet Capuchin ini juga tidak sebentar, melainkan dibutuhkan waktu lima tahun lamanya. Direktur Helping Hands berkata, bahwa merawat dan melatih monyet Capuchin, bagaikan merawat anak yang berumur 3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *