Penyandang Cacat yang Terbantukan Dengan Adanya ‘Service Dogs’

Penyandang Cacat yang Terbantukan Dengan Adanya ‘Service Dogs’

Di Amerika, hewan-hewan peliharaan seperti anjing mempunyai peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sampai-sampai ada satu hari yang dinamakan dengan National Pet Day, yaitu hari besar bagi hewan peliharaan di Amerika, yang jatuh setiap tanggal 11 April. Adanya National Pet Day dikarenakan, hampir dari setengah di dalam kehidupan rumah tangga di Amerika, pasti memiliki hewan peliharaan. Hewan-hewan yang paling populer yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah anjing dan kucing. Anjing dan kucing memang paling cocok untuk dijadikan hewan peliharaan, karena kedua hewan ini sudah terkenal jinak dari ribuan tahun yang lalu.

Selain menjadi sahabat, kedua hewan ini ternyata juga dapat membantu manusia, khususnya anjing. Hal tersebut sudah terbukti sejak jaman purbakala, dimana para arkeolog menemukan banyak gambar di goa-goa yang menunjukan persahabatan antara anjing dan manusia. Bahkan bangsa mesir memumikan beberapa anjing, karena anjing tersebut adalah hewan peliharaan yang berharga dan memiliki pangkat yang sama dengan manusia. Di Romawi juga, terdapat lukisan yang menggambarkan seekor anjing yang memandu seorang tuna netra ketika berjalan. Bukti-bukti tersebut menunjukan bahwa anjing memang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.

Salah satu peran penting seekor anjing adalah membantu kaum penyandang cacat. Hal ini terjadi pada kelompok anjing di Amerika yang sering disebut dengan Service Dogs. Selain harus patuh dan bermain dengan pemiliknya, Anjing ini tentunya akan dilatih secara serius agar dapat membantu dan melayani kaum penyandang cacat secara individu. Ada anjing yang dilatih untuk menuntun seorang tuna netra yang disebut dengan Guide Dog, ada lagi anjing yang dilatih untuk membantu memberitahu seorang tuna rungu, bila ada dering telepon maupun suara-suara peringatan lainnya dan pelatihan lainnya yang diberikan untuk anjing adalah pelatihan untuk mengawasi keadaan seorang yang terjangkit penyakit epilepsi. Bagi penyandang cacat fisik, jangan khawatir, karena ada juga anjing yang dilatih untuk membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari seperti mengangkat barang, membukakan dan menutupkan pintu bahkan anjiing pembantu ini dapat mendorong kursi roda.

Keberadaan anjing-anjing penolong penyandang cacat ini diperkuat dengan adanya Undang Undang Penyandang Cacat di Amerika, yaitu Americans with Disabilities Act. Undang-undang ini mengatur bahwa kaum penyandang cacat, dapat memiliki anjing pembantu agar tidak terlalu kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat didukung dan disetujui oleh semua player yang ada di http://agenbola108.net Anjing pembantu ini boleh dibawa kemana saja dan kapan saja oleh pemiliknya. Anjing pembantu ini juga boleh menemani para pemiliknya yang ingin bepergian dengan pesawat, namun syaratnya anjing ini harus memiliki sertifikat sebagai anjing penolong, yang dikeluarkan oleh organisasi yang berwenang. Untuk membedakannya dengan anjing yang hanya dijadikan hewan peliharaan saja, anjing Service Dogs ini dipakaikan rompi atau kartu pengenal di badannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *